Pengalaman mengurus sendiri Visa Korea 2015

Ehm....


Tibalah pada saatnya gue membuat visa korea!!! yeaaaayyyyy

jadi tadinya gue akan membuat visa itu tanggal 31 maret 2015 untuk keberangkatan mei tapi ternyata salah satu temen gue belum lengkap persyaratannya, oke kami undur jadi tanggal 2 april.

tapi, nasib ya nasib tanggal 1 april untuk visa harganya naik! yang tadinya IDR 480.000 menjadi IDR 520.000. Nasib dah terima aja.

jadi persiapan aja yang gue siapin? 
sama dengan apa yang di web konsulat Korea Selatan.

oke gue rinciin ya,


  1. Formulir Aplikasi Visa besera foto di tempel di lembaran Formulir
  2. Paspor Asli
  3. Fotokopian Paspor lengkap cap-cap negara mana aja yang pernah kalian kunjungin.
  4. Kartu Keluarga (Copy-an aja)
  5. Surat Keterangan Kerja. ASLI (menyatakan kalo kamu benar kerja disana dan tidak akan overstay)
  6. Surat Referensi Bank. ASLI (sampai saat ini gue gak tau harus berapa besarannya, tp kemarin rekening gue isinya sih antara 10-15jt an gitu buat 9 hari)
  7. Rekening Koran 3 bulan terakhir
  8. Bukti Potong PPH 21 (SPT PPh 21) ini copy-an aja.
  9. Slip Gaji 3 bulan terakhir.

ITU aja. tiket pesawat dan penginapan ga usah dilampirin. pengalaman temen gue itu di kembaliin lagi sama petugas loketnya.

tanggal 2 april berangkat dari planet sebelah (Tambun) jam 6 pagi, nyampe kedutaan korea sekitar jam 10-an. kebayang ya dengkul nya lemes kasian partner yang nyetir.

antrian kita ga terlalu lama, tibalah saat kita (gue dan temen gue) dipanggil, diambil masing2 dokumen kita. lalu beres, dikasih tanda terima untuk pengambilan paspor nya nanti entah di tolak (amit-amit) atau diterima. 

Jam setengah sebelas kita selesai dan langsung balik lagi ke Tambun, alias langsung ngantor.
btw yang mau bawa kendaraan bisa ko parkir di kedutaannya, parkirannya persis disamping RS. Medistra. Tapi berhubung kita gak tau kalo ada parkirannya yang luas itu jadi kita parkir di RS. Medistra.

Tiap hari kecemasan gue adalah, ditolak apa diterima ya. #galau #kayaabisnembakcowok #nahloh

jadi sebelum apply visa ini gue surfing beberapa blog dan nemu lah blog ini yang mengajarkan mengecek visa melalu online. Thanks to google and narasumber!

Link untuk mengecheck Visa secara online disini.

Hari senin tanggal 6 April gue mulai ngecheck online ini tapi ga pernah muncul, setelah gue inget ternyata salah penulisan nama, misalkan nama lo Rangga Dan Cinta, trus di form aplikasi Surname Cinta. maka tulisan yang benar pas ngechek adalah Cinta Rangga Dan.

Hampir tiap hari gue pantengin tuh website untuk ngecek visa gue approved atau enggak. Dan tanggal 9 April (sehari sebelum hari yang tertera di tanda terima) pagi gue cek belum ada perubahan, statusnya masih Application Received, lalu sore nya sekitar jam 3-an gue cek statusnya berubah menjadi Approved. *langsung ngehubungin temen gue yang visa nya approved juga* *jadi orang paling seneng dikantor sore itu*

Tulisan paling indah, Approved.


jeng-jeng tibalah pada tanggal 10 April 2015,

walaupun gue sudah tau visa di approved tetep masih pengen nelpon konsularnya nanya sudah bisa diambil atau belum paspor nya. nelpon jam 10-an dan mas-mas tersebut ngasih tau kalo paspor kita sudah bisa diambil *yeaaayyyy*

nyampe kedutaan pas jam setengah 2, nunggu sebentar langsung selesai. berangkatnya hampir 2jam pulangnya ganyampe 45menit, Tambun :')

tempelan paling mahal. 520K :')

Bikin visa gini galaunya dari bulan november, takut inilah itulah. ikutin aja persyaratannya. Insha Allah Approved :D

- Fitri






0 comment:



Posting Komentar